Selamat Datang di Blog OSIS SMA Negeri 1 Rantau

PROGRAM KERJA OSIS



PROGRAM KERJA OSIS
SMA NEGERI 1 RANTAU
PERIODE 2014/2015

I. VISI
Terciptanya Siswa SMA Negeri 1 Rantau yang Kreatif, Inovatif, Mandiri, Bertanggung jawab, Unggul Dalam Prestasi, Serta Memepertebal Iman dan Taqwa.

II. MISI
     - Menciptakan Siswa kreatif dan inovatif.
     - Menciptakan Siswa SMAN 1 Rantau yang berprestasi.
     - Menciptakan Siswa SMAN 1 Rantau yang mandiri dan bertanggung jawab
     - Menciptakan Siswa SMAN 1 Rantau yang beriman dan bertaqwa

III. STRATEGI
- Mengoptimalkan staf dan pengurus OSIS beserta ekstrakulikuler.
- Melaksanakan dan mengembangkan ekstrakulikuler untuk bidang 1-8

IV. PROGRAM KERJA
A. Umum
- Meningkatkan kualitas dan kinerja OSIS
- Meningkatkan pemahaman siswa dalam kehidupan beragama
- Meningkatkan siswa di bidang teknologi informasi dan komunikasi
- Meningkatkan kreativitas dan kewirausahaan siswa
- Meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar
- Meningkatkan siswa di bidang akademik dan nonakademik
- Meningkatkan silaturahmi dan kerjasama antara siswa, Ekstrakulikuler, dan OSIS
- Memperingati hari besar islam
- Memperingati hari besar Nasional
- Membina prestasi akademik dan nonakademik siswa
B. Progrem Kerja Pengurus Inti
Program Kerja Ketua  :



a).  Memimpin organisasi

b).  Mengkoordinasi seluruh pengurus OSIS meliputi :


i) Wakil Ketua  



ii) Sekretaris Umum


iii) Sekretaris I



iv) Sekretaris II



v) Bendahara I



vi) Bendahara II



vii) Seluruh seksi serta wasienya dari Seksi KTTYME sampai PAKS

c).  Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh para pengurus OSIS.

d).  Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah mufakat.

e).  Setiap saat mengevaluasi kegiatan para pengurus OSIS.

f).  Memimpin rapat program krja





Program Kerja Wakil Ketua :


a) Koordinasi 8 sekbid


b) Perpisahan siswa kelas XII.

c) Pelepasan siswa kelas XII.

d) Menetapkan kebijakan bersama Ketua.

e) Pembentukan MPK.






Program Kerja Sekretaris  :


a) Memberi saran/masukan kepada ketua dalam mengambil keputusan.

b) Menyiapkan laporan, hasil rapat,dan evaluasi kegiatan.

c) Menandatangani setiap surat bersama ketua.

d) Inventarisasi surat keluar – masuk.

e) Mengarsipkan surat.






Program Kerja Wakil Sekretaris  :


a) Membantu pelaksanaan tugas Sekretaris

b) Menggantikan Sekretaris jika berhalangan hadir.

c) Membantu Ketua I mengkoordinasi Seluruh sekbid

d) Menulis notulen rapat.





Program Kerja Bendahara  :


a) Mengetahui segala pemasukan dan pengeluaran serta biaya.

b) Membuat tanda bukti (kwirtansi) pengeluaran.

c) Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan.

d) Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.





Program Kerja Wakil Bendahara :


a) Koordinasi DanSos (Dana Sosial).

b) Mengelola sisa dan setiap kegiatan.

c) Mengelola dana dari pengurus OSIS, orang tua (rapat orang tua),dll. 

d) Aktif membantu bendahara.

C. Program Kerja Sekbid

Sekbid I : Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
a. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b. Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d. Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.

Sekbid II : Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia, Kepribadian Unggul,Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara
a. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
d. Menumbuhkembangkan kesadaran utk rela berkorban terhadap sesama
e. Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f. Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan,    kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan).
g. Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional;
h. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne);
i. Melaksanakan kegiatan kepramukaan;
j. Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah;
k. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan;
l. Melaksanakan kegiatan bela negara;
m. Menjaga dam menghormati simbol2 dan lambang2 negara;
n. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

Sekbid III : Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, dan / atau Olahraga sesuai Bakat dan Minat
a. Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian;
b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;
c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, dan diskusi panel
d. Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;
e. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;
f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian;
g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;
h. Membentuk klub sains, seni, dan olahraga;
i. Menyelenggarakan festival dan lomba seni;
j. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.

Selbid IV : Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural:
a. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
e. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.

Sekbid V : Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c. Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
d. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
e. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.

Sekbid VI : Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi:
a. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
d. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e. Melaksanakan hidup aktif;
f. Melakukan diversifikasi pangan;
g. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

Sekbid VII : Pembinaan sastra dan budaya:
a. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c. Meningkatkan daya cipta sastra;
d. Meningkatkan apresiasi budaya.

Selbid VIII : Pembinaan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) dan komunikasi dalam bahasa Inggris::
a. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
b. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
d. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
e. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
f. Melaksanakan English Day;
g. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
h. Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.

                                                                             
                                                                              Rantau,     Oktober 2014
                                                                              Pengurus OSIS SMAN 1 Rantau
     Ketua                                               Sekretaris


     M. Hendri Yanova                                    Nifa Amisya Siraz
     NIS 7846                                            NIS 7860

    Menyetujui/Mengesahkan                   Mengetahui
    Kepala Sekolah                           Wakasek Kesiswaan


    Drs. Muhammad Nurdin,M.Pd.               Padiya,S.Pd.
    NIP 19670222 199203 1 007                NIP 19681021 199301 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar